Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Aceh Amankan Sejumlah Offset Satwa Dilindungi

Kompas.com - 06/01/2014, 15:14 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com
- Polda Aceh menggelar sejumlah barang bukti satwa dilindungi (offset) yang berhasil diamankan dari warga Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Senin (6/1/20140).

Sejumlah barang bukti satwa liar dilindungi yang telah diawetkan dan disita polisi di antaranya, satu ekor Harimau Sumatera, satu kepala Harimau Sumatera, satu ekor macan tutul, satu ekor beruang, satu ekor macan api, satu ekor macan hutan, satu ekor kepala burung ranggong, enam buah gigi beruang, dua kepala kambing hutan, dan dua ekor kucing mas.

Direskrimsus Polda Aceh Kombes Joko Irwanto mengatakan, pengungkapan kasus perdangan satwa dilindungi yang telah diawetkan itu berawal laporan dari masyarakat pada bulan Desember 2013 lalu.

“Kami menurunkan anggota Direskrim khusus ke Takengon Kabupaten Aceh tengah untuk melakukan penyelidikan pada tanggal 3 Januari 2014. Kami menyita sejumlah satwa liar dan dua orang tersangka yang penampung offsetan satwa liar itu,” kata Joko.

Dua orang tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistimnya, dengan hukuman minimal dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta.

“Menurut hasil pemeriksaan awal offsetan ini dijual masih di wilayah Aceh, satu ekor offsetan Harimau sumatera sekitar 80 juta,” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com