Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Surabaya Punya Enam Kawasan "Car Free Day"

Kompas.com - 05/01/2014, 10:54 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Terhitung sejak minggu pertama 2014, Pemkot Surabaya menambah dua jalur jalan area Car Free Day, dari dari empat jalur yang ada sebelumnya. Kedua jalur jalan tersebut adalah Jalan Jemur Andayani (0,98 km), dan Jalan Kembang Jepun (0,66 km).

"Di Jalan Jemur Andayani dilakukan setiap minggu pertama setiap bulannya, sementara di Jalan Kembang Jepun, pada minggu kedua setiap bulannya," kata Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Surabaya, Novi Dirmansyah, Minggu (5/1/2014).

Penambahan jalur jalan Car Free Day itu, kata Novi sebagai upaya Pemkot Surabaya mengurangi gas emisi karbon kendaraan, untuk menciptakan udara kota Surabaya yang bersih dan bebas dari pencemaran.

"Setiap hari, di Jalan Jemur Andayani penuh dengan kendaraan yang keluar masuk kawasan industri, sementara di Jalan Kembang Jepun adalah pusat perdagangan," terangnya.

Kegiatan hari bebas kendaraan ini, kata dia, diharapkan tidak hanya mampu mengurangi emisi karbon, tetapi juga menimbulkan interaksi sosial seperti munculnya komunitas bersepeda yang bisa menciptakan budaya bersepeda, serta untuk memberi ruang berbagai komunitas untuk mengekspresikan keahliannya.

Car Free Day di Surabaya digelar setiap hari Minggu, sejak pukul 06.00 – 09.00 WIB, di empat lokasi, yakni di Jalan Raya Darmo (1,57 km), dan Jalan Tunjungan (0,65 km) dengan dengan total pelaksanaan masing-masing 50 kali dalam setahun. Sedangkan di Jalan Kertajaya (0,44 km) hanya 23 kali pelaksanaan, dan Jalan Jimerto (0,57 km) setiap hari Jumat mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com