Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tanker Sumber Mutiara IX Masih Terbakar

Kompas.com - 05/01/2014, 00:01 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Hingga Minggu (5/1/2014) lewat tengah malam, api yang membakar kapal tangker MT. Sumber Mutiara IX di dermaga Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara belum berhasil dipadamkan.

"Api susah dipadamkan karena minyak yang ada di kapal cukup banyak dan tidak tersedianya alat pemadam kebakaran yang memadai," ujar Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado, Danang P, kepada Kompas.com melalui sambungan telepon.

Menurut Danang selain Basarnas, tim dari Pertamina, kepolisian, TNI, pemerintah kabupaten, pemilik kapal serta masyarakat sekitar ikut membantu upaya pemadaman api yang melalap kapal tanker itu.

Danang menjelaskan saat ini mereka mencoba memadamkan api dengan bantuan busa yang dibawa dari Manado. "Kita coba untuk terus berusaha padamkan api agar tidak lebih merusak dermaga. Hingga kini sudah sekitar 80 persen badan kapal hangus terbakar," papar Danang.

Kapal Sumber Mutiara IX sendiri masih terikat di dermaga dan tim penyelamat berusaha agar kapal tidak bergeser dari dermaga. Jika kapal bergeser dikhawatirkan akan terbawa arus dan mempengaruhi lalu lintas pelayaran.

MT Sumber Mutiara IX yang mengangkut 700 kiloliter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, bensin dan minyak tanah meledak dan terbakar ketika sedang membongkar muatannya, Jumat (4/1) pukul 08.00 WITA.

Sejumlah saksi mata mengatakan percikan api berasal dari alkon yang sedang memompa BBM dari kapal ke mobil yang ada di dermaga. Dua buah mobil dan sebuah sepeda motor ikut meledak dan terbakar.

Dua korban luka parah telah dibawa ke Manado dengan kapal sebuah penumpang. Sementara  dua anak buah kapal belum diketahui keberadaanya. "Kami fokus dulu untuk memadamkan api baru kemudian melakukan pencarian kedua ABK yang masih hilang, kata Danang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com