Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13.000 Wisatawan Rayakan Tahun Baru di Bromo dan Semeru

Kompas.com - 31/12/2013, 16:43 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Wisata alam menjadi pilihan favorit bagi wisatawan untuk menyambut Tahun Baru 2014. Belasan ribu wisatawan sudah memadati dua obyek wisata, yakni Gunung Bromo dan Semeru.

"Sampai saat ini sudah ada 13.000 lebih wisatawan dari berbagai daerah yang akan merayakan pergantian tahun 2014 di Gunung Bromo dan Semeru," jelas Ayu Dewi Utari, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Selasa (31/12/2013).

Menurutnya, dari data yang masuk ke Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga Selasa (31/12/2013) siang, sekitar 3.000 lebih para pendaki akan merayakan Tahun Baru di Gunung Semeru.

Pada tahun ini, lanjut Ayu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan untuk pengamanan dan pengawasan pendaki di malam pergantian tahun.

"Kita sudah menggelar Pekan Peduli Semeru mulai 23 Desember 2013 hingga 5 Januari 2014 mendatang," akunya.

Dalam acara tersebut, pihak taman nasional akan menggandeng mahasiswa pencinta alam dan pihak-pihak terkait untuk sama-sama memelihara obyek wisata alam itu agar tetap bersih dan asri.

"Karenanya, saya mengimbau kepada para pendaki untuk membawa sampahnya kembali turun," harapnya.

Para petugas, kata Ayu, akan terus memeriksa dan menimbang barang bawaan pendaki untuk dicek sebelum memasuki lokasi. "Jika yang dibawa terlalu berisiko dan melebihi batas, akan disita di pos pemeriksaan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com