Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilih Pemula Tuding Banyak Caleg Tak Berkualitas

Kompas.com - 12/12/2013, 04:41 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Puluhan calon pemilih pemula menuding sebagian besar calon anggota legislatif (caleg) yang bertarung di Pemilu 2014 tak berkualitas. Kualitas calon inilah yang menjadi penentu pilihan para pemilih pemula itu.

"Banyak caleg itu kualitasnya diragukan. Ini membuat kami juga ragu untuk menentukan pilihan, selama ini mereka banyak obral janji," kata Oktora Ketua OSIS SMU Negeri 6 Kota Bengkulu dalam acara sosialisasi pemilih pemula yang digelar Bawaslu Provinsi Bengkulu, Rabu (11/12/2013).

Pendapat senada disampaikan Neni Haryanti, siswi kelas 8 SMU tersebut. Menurut dia selama ini pemilu hanya mementingkan kepentingan pribadi para calon anggota legislatif. "Tak ada gunanya buat rakyat," ujar dia.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan bernada senada, Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Irwan Saputra meminta masyarakat tetap optimistis. "Kita wajib tetap optimistis meski dalam kondisi terpuruk saat ini, karena kita tetap berharap satu suara dapat membawa perubahan baik bagi negara ini," kata dia.

Sosialisasi melibatkan 70 siswa SMU dari 35 sekolah di Kota Bengkulu. Irwan mengatakan seusai acara, para siswa peserta acara sosialisasi ternyata sudah memiliki cukup pengetahuan tentang politik, pemilu, dan demokrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com