Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Garuda Mendarat di Mamuju Dibahas di Spanyol

Kompas.com - 02/12/2013, 10:19 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT
MAMUJU, KOMPAS.com - Prosedur penerbangan dan pendaratan pesawat Garuda ke Bandara Tampapadang di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, dikaji di Madrid, Spanyol. Kajian ini menjadi bagian dari uji kelayakan pendaratan pesawat berbadan lebar di bandara itu.

"Meskipun telah dianggap layak, namun kami tidak mau gegabah," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sulbar, Suparto Umar di Mamuju, Minggu (1/12/2013). Menurut dia, langkah ini bagian dari upaya mengantisipasi risiko dari rencana itu.

Kajian, sebut Suparto, mencakup instrumen prosedur penerbangan pesawat berbadan lebar ke bandara itu. Rute penerbangan Garuda yang direncanakan mendarat di Mamuju, melayani jalur bolak-balik Makassar, Sulawesi Selatan, dan Jakarta.

Suparto mengatakan bila rencana ini terlaksana, layanan transportasi ke Mamuju akan semakin optimal. Perekonomian lokal pun diharapkan berkembang. Secara teknis, bandara di Mamuju sudah memenuhi kelayakan untuk didarati pesawat berbadan lebar. Panjang landasan bandara, misalnya, mencapai 2.500 meter dengan lebar 45 meter.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com