Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pertemuan WTO di Bali, Pengamanan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Diperketat

Kompas.com - 02/12/2013, 06:28 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Pelaksanaan Konferensi Tingkat Menteri ke-9 World Trade Organization, yang akan diselenggarakan di Bali pada 3 sampai 6 Desember 2013, berdampak pada pengetatan pengamanan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

"(Pengetatan pengamanan) mengingat banyaknya aksi penolakan (terhadap) WTO dari berbagai pihak," kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Banyuwangi Kompol Agus Widodo kepada Kompas.com, Senin (2/12/2013). Mulai Minggu (1/12/2013), sebut dia, sedikitnya satu kompi pasukan Pengendalian Massa, setara dengan 30 personel Polres, disiagakan.

Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi merupakan pintu masuk, baik ke Pulau Jawa maupun ke Pulau Bali. Agus mengatakan, kepolisian juga telah menerima laporan bahwa ada peningkatan jumlah penumpang dari Jawa ke Bali. "Lebih tinggi dari biasanya," ujar dia.

Pengamanan serupa dilakukan pula di beberapa pelabuhan rakyat di sepanjang pantai Banyuwangi. Kapolsek Perairan Tanjung Wangi AKP Subandi mengatakan, selama ada kegiatan WTO di Bali, akan ada pemeriksaan identitas penumpang, barang, dan kendaraan.

"Satu per satu penumpang yang berada di kendaraan kami minta turun untuk diperiksa," ujar Subandi. Pemeriksaan tersebut, ujar dia, mengerahkan 45 personel. Rinciannya, 30 personel dari Polres Banyuwangi dan 15 personel dari Polsek Perairan Tanjung Wangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com