Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Demo, Semua Operasi Bedah Dibatalkan

Kompas.com - 27/11/2013, 15:28 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com — Puluhan rumah sakit di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu) membatalkan semua tindakan operasi bedah elektif atau terencana karena seluruh dokter mengikuti demo solidaritas atas kasus pidana yang menimpa dokter asal Manado, Ayu Sasiari Prawan.

Aksi mogok 500 dokter bedah di Malang Raya itu dilakukan mulai di rumah sakit pemerintah hingga swasta serta praktik dokter bedah di luar rumah sakit. Namun, pembedahan darurat tetap dilayani.

Hal tersebut diakui koordinator aksi, Muhammad S Niam, ditemui seusai memimpin aksi di depan Rumah Sakit Saiful Anwar, Malang, Rabu (27/11/2013).

"Apa yang menimpa dokter Ayu tak mustahil akan menimpa banyak dokter di Indonesia. Makanya, kita mendesak bebaskan dokter Ayu," tegasnya.

Sejak muncul kasus dokter Ayu, kata Niam, banyak dokter yang ketakutan untuk melakukan tindakan medis yang berisiko tinggi. "Karena khawatir terjerat delik pidana itu," katanya.

Di Malang, secara kuantitas, tindakan medis di RSSA berkurang, tetapi kualitas tetap sama dan terjaga. "Apa yang dilakukan para dokter ini adalah bentuk protes. Harapan para dokter, Presiden SBY segera ambil tindakan dan kebijakan dalam kasus ini," harap Niam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com