Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Bunuh Diri, Briptu Bambang Minta Maaf ke Tetangga

Kompas.com - 25/11/2013, 20:46 WIB

NGANJUK, KOMPAS.com - Dua jam sebelum Briptu Bambang Setiawan melakukan bunuh diri terlebih dahulu mendatangi Didik Purwanto, suami Siti Rodiah yang melaporkan kasus kehilangan dompet.

Dengan jiwa besar, Briptu Bambang menyatakan meminta maaf. Selain itu, Briptu Bambang juga mengembalikan uang Rp 650.000 yang diambil dari ATM BRI.

Rumah Briptu Bambang dengan Didik masih bertetangga dekat karena hanya terpaut empat rumah.

"Hari Minggu (24/11/2013) jam dua siang Briptu Bambang datang ke rumah kami. Dia meminta maaf dan mengembalikan Rp 650.000. Namun jam empat melakukan bunuh diri," ungkap Didik Purwanto di rumahnya, Senin (25/11/2013).

Uang pemberian Briptu Bambang sendiri saat ini masih disimpannya berupa uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000. Malahan Didik sempat merekam pernyataan meminta maaf dari Briptu Bambang tersebut.

Didik sendiri mengaku telah memberikan maaf kepada Briptu Bambang. Namun terkait masalah hukum supaya diselesaikan oleh kepolisian. Petugas kepolisian sendiri telah melakukan penyelidikan kasus ini.

Namun Didik mengaku kaget setelah sekitar jam 18.00 WIB diberitahu jika Briptu Bambang bunuh diri dengan menembak dadanya sendiri. "Kami ragu kalau motif dugaan bunuh diri itu karena kasus dompet," ungkapnya.

Didik menduga pasti ada kasus lain yang membuat tertekan Briptu Didik hingga nekat bunuh diri. "Kalau kasusnya kerugiannya kan tidak seberapa, mengapa sampai nekat begitu. Mungkin ada masalah yang lain," ujarnya.

Sebelumnya, Ny Siti Rodiah juga mengaku didatangi Briptu Bambang yang menyatakan meminta maaf dan memintanya untuk mencabut kasusnya yang dilaporkan di Mapolres Nganjuk.

Malahan, Siti Rodiah menuturkan Briptu Bambang datang dengan raut wajah memelas. Dia juga menyatakan nasibnya tergantung kasus dompet yang dilaporkannya.

Namun Siti juga meragukan motif bunuh diri terkait dengan kasus dompet yang dilaporkannya. "Siapa yang mencuri dompet saya, kami kan belum tahu, karena rekaman CCTV juga belum diberikan pihak BRI," jelasnya.

Sementara Kasubag Humas Polres Nganjuk AKP Bambang Sutikno menyatakan terkait motif bunuh diri Briptu Bambang saat ini masih diselidiki. Petugas telah memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. "Motifnya kita belum tahu karena masih lidik," jelasnya.

Sementara keluarga Briptu Bambang masih belum bersedia dimintai konfirmasi. Istri almarhum, Susi Handayani juga masih mengurung diri di kamarnya. Perempuan itu masih berduka sehingga tidak mau menemui wartawan yang mendatangi rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com