Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN Minta Unej Teliti Tebu Tahan Basah

Kompas.com - 19/11/2013, 17:09 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan meminta kepada Universitas Negeri Jember (Unej), Jawa Timur, untuk melakukan penelitian varietas tebu tahan basah. Hal ini disampaikan Dahlan saat dialog bersama ratusan mahasiswa Unej, di gedung Sutarjo, Selasa (19/11/13) siang.

“Saya tadi lihat pameran mengenai ditemukannya bibit tebu yang tahan kering, saya minta diteliti agar ditemukan bibit tebu tahan basah, karena hujan panjang tidak akan terjadi tahun ini saja, mungkin lima atau empat tahun lagi akan terulang lagi. Bagaimana bisa ditemukan bibit tebu yang di tahun itu hujannya tidak berhenti- henti, tingkat manisnya tidak berkurang, mohon ini menjadi pusat kajian dan saya akan bantu," kata Dahlan disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa Unej.

Menurut Dahlan, dengan musim hujan yang panjang, dipastikan tahun ini rendemen tebu akan mengalami penurunan. Dengan demikian, secara otomatis petani tebu akan menderita. “Masak sih tidak bisa ditemukan, biar pun hujannya banyak, tetapi gulanya manis," katanya.

Untuk membuktikan keseriusan itu, Dahlan langsung meminta Direktur Utama PTPN X, Diyono, yang ikut mendampinginya, untuk mengalokasikan dana untuk penelitian tersebut. “Tolong sebagian biaya penelitian dialokasikan ke Unej," pinta Dahlan disambut tepuk tangan ratusan Mahasiswa Unej.

Selama acara dialog, Dahlan melontarkan sejumlah pertanyaan kepada mahasiswa Unej. Bahkan menteri penggemar sepatu ket itu memberikan sejumlah uang kepada mahasiswa yang bisa menjawab pertanyaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com