Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada TMP, Siswa Ziarah Pahlawan di TPU

Kompas.com - 11/11/2013, 14:39 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com — Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, puluhan siswa TK Tun Sri Lanang, berziarah dan menabur bunga di makam Kolonel Husein Jusuf, pejuang di masa Kemerdekaan RI, Senin (11/11/2013).

Namun ziarah itu tidak dilakukan di taman makam pahlawan karena Husein Jusuf dimakamkan di taman pemakaman umum. Makam Kolonel Husein yang berdampingan dengan makam istrinya terlihat tidak terawat. Beberapa pohon besar menaungi makam tersebut.

Rosmaity Suryani, guru pendamping para siswa, mengatakan peringatan Hari Pahlawan merupakan momentum tepat memperkenalkan anak didik tentang siapa dan peran sosok pahlawan dalam merebut Kemerdekaan RI.

“Secara sederhana kita memberitahukan pada anak didik siapa itu pahlawan dan bagaimana cara menghargai jasa-jasa mereka yang sudah tiada, salah satunya melalui ziarah makam,” sebut Rosmaity.

Dia menambahkan ketiadaan taman makam pahlawan (TMP) di Bireuen membuat pihak sekolah mengalihkan ke TPU yang memiliki makam seorang pahlawan asal Bireuen yang berjasa dalam mempertahankan kedaulatan RI.

Selain berdoa bersama, puluhan murid TK tersebut melakukan tabur bunga di pusara Kolonel Husein Yusuf secara bergantian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com