Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bengkulu Sita 1.121 Keping CD Bajakan

Kompas.com - 30/10/2013, 15:49 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bengkulu menyita 1.121 keping CD optik PC games serta DVD yang diduga bajakan, Rabu (30/10/2013). Penyitaan tersebut dilakukan di salah satu toko di Bengkulu Indah Mall (BIM).

Dari razia tersebut, Subdit Indagsi Dit Reskrimsus Polda Bengkulu juga memboyong penjual CD dan DVD bajakan tersebut, yakni Sa (32), warga Jalan Kenanga, Kelurahan Kebun Kenanga, Kecamatan Ratu Samban.

Direktur Reskrimsus Polda Bengkulu Kombes Pol Mahendra Jaya, melalui Kasubdit Indagsi, Kompol Ramon Zamora Ginting SIK, menyatakan, penyitaan tersebut berdasarkan laporan masyarakat atas peredaran CD dan DVD yang diduga beredar di sekitar BIM, Kota Bengkulu.

"Hasil razia yang kita lakukan hari ini berhasil menyita 1.121 keping CD dan DVD yang diduga palsu beredar di tangan penjual," kata Ramon.

Ia mengatakan, dari hasil razia di beberapa toko penjualan CD dan DVD tersebut, hanya satu yang menjual CD dan DVD bajakan. Saat ini, pelaku masih dimintai keterangan.

Ramon menyatakan, jika terbukti menjual CD dan DVD palsu, pelaku akan dikenakan Pasal 72 Ayat 2 UU RI No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

"Saat ini, kita masih dalam tahap penyelidikan, dan kita juga memintai keterangan sejumlah saksi," jelas Ramon.

Ia menjelaskan, pelaku diduga memesan ribuan keping CD dan DVD bajakan dari Pulau Jawa dengan menggunakan jalur darat. Aksi itu diperkirakan sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir.

"Kita masih dalam tahap penyelidikan atas penjualan yang telah pelaku lakukan selama ini. Dan dugaan sementara, CD dan DVD itu diperoleh dari luar Kota Bengkulu," beber Ramon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com