Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Kendari, Warga Berhamburan

Kompas.com - 29/10/2013, 19:04 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com
 — Gempa berkekuatan 4,6 skala Richter mengguncang Kendari pada Selasa (29/10/2013) pukul 18.16 Wita. Sebagian warga sempat panik dan keluar rumah akibat gempa tersebut.

Hermin, salah seorang warga Kendari yang tengah melakukan pertemuan di salah satu hotel di Kendari, terpaksa menghentikan kegiatannya. "Peserta rapat panik dan berhamburan keluar dari aula pertemuan. Jadi, presentasi terpaksa dihentikan sementara karena kami kaget," tuturnya, Selasa (29/10/2013).

Beberapa warga di Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, berhamburan keluar rumah saat gempa berlangsung.

Belum ada laporan kerusakan yang timbul akibat gempa. Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara, pusat gempa terjadi di pegunungan Meluhu, Kabupaten Konawe. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Lokasi gempa 3,82 lintang selatan-122.28 lintang utara dan 31,7 bujur timur dengan kedalaman 9 kilometer. Kedalaman seperti itu, kemungkinan timbul kerusakan atau tsunami sangat kecil," kata Fatuhri Suwardi, Kepala BMKG Kendari, Selasa (29/10/2013).

Menurutnya, gempa susulan akan terjadi, tetapi getarannya lebih kecil dari gempa awal. Dijelaskan Suwardi, gempa itu terjadi akibat adanya tekanan rendah ke tekanan tinggi pada patahan Lasolo.

"Sesar atau patahan Lasolo itu masih aktif dan akan sering terjadi gempa-gempa kecil, yang disebabkan oleh arus konveksi. Namun, dampaknya tidak akan menimbulkan retakan keras, tergantung dari struktur bangunan yang ada di wilayah gempa tersebut," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com