Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malangbong Macet Total, Bandung-Tasik Dialihkan Lewat Kadungora

Kompas.com - 24/09/2013, 02:42 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Kemacetan total akibat kecelakaan karambol di Jalur Malangbong, Garut, Jawa Barat, Senin (23/9/2013) malam, memaksa pengalihan jalur lalu lintas dilakukan. Pengalihan jalur berlaku untuk kendaraan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya maupun sebaliknya.

"Sementara kami lakukan pengalihan arus sembari menunggu jalur dibuka. Kami sudah koordinasi dengan Polres tetangga dan semua jalur (Bandung-Tasik) kami alihkan (melewati) Garut Kota," kata Kasatlantas Polres Garut AKP Bariu Bawana di lokasi kejadian, Selasa (24/9/2013) dini hari. Dia mengatakan, jalur utama Bandung-Tasikmalaya ini tak bisa dilalui karena bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan belum terevakuasi.

Karena itu, kendaraan dari arah Bandung menuju Tasikmalaya dialihkan melewati jalur Kedungora. Sementara jalur sebaliknya dari Tasikmalaya ke Bandung diarahkan melewati Cilawu, Garut.

Antrean kemacetan saat ini mencapai tak kurang dari delapan kilometer, baik dari arah Bandung maupun Tasikmalaya. Sejumlah kendaran kecil mencoba mencari jalan alternatif melalui jalur tikus.

Nasib kurang beruntung dialami ratusan penumpang bus yang terjebak kemacetan di Malangbong karena tidak bisa memutar balik. Mereka terpaksa bermalam di sekitar lokasi kecelakaan atau di dalam bus, sampai jalan bisa dilintasi kembali.

Dari pantauan Kompas.com, jalur Bandrek menuju Garut Kota juga dipadati kendaraan yang bisa meloloskan diri dari kemacetan sebelum sampai Jalan Cipeyem. Namun, jalur Bandrek adalah rute dengan jalan sempit, sarat tikungan, dan minim penerangan.

Disinggung mengenai kronologi kecelakaan dan jumlah korban jiwa, Bariu mengatakan masih dalam pendataan. "Penyebab masih dalam penyidikan dan kami masih koordinasi dengan Puskesmas Malangbobg terkait jumlah korban. Yang luka maupun tewas belum bisa saya sebutkan," jelasnya.

Kecelakaan karambol melibatkan tujuh kendaraan terjadi di tanjakan Andir, Senin sekitar pukul 21.00 WIB. Ketujuh kendaraan yang terlibat kecelakaan belum diketahui rinciannya. Namun, di antara tujuh kendaraan itu, terlihat jelas satu di antaranya adalah sebuah truk tronton, yang posisi saat berita ini diturunkan masih melintang di jalan bertanjakan tajam itu.

Selain truk tronton, terlihat masih cukup jelas juga sebuah Toyota Innova berwarna putih menjadi kendaraan lain yang terlibat kecelakaan. Sementara lima kendaraan lain tak terlihat jelas karena kerusakan yang cukup parah dan minimnya penerangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com