Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Umat Katolik Singkawang Meriahkan Bulan Kitab Suci Nasional

Minggu, 15 September 2013 | 19:40 WIB
KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN beberapa anak sedang mewarnai gambar dalam kegiatan lomba mewarnai untuk anak-anak TK & SD dalam rangkaian kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional yang diselenggarakan di aula Gedung Paroki Santo Fransiskus Asisi Singkawang, Kalimantan Barat (15/9/2013)
SINGKAWANG, KOMPAS.com - Sebanyak 206 siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar tampak sibuk menggoreskan pensil warna di atas kertas bergambar. Anak-anak ini sedang mengikuti lomba mewarnai gambar cerita tentang Kitab Suci yang diselenggarakan di aula Gedung Paroki Santo Fransiskus Asisi Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (15/9/2013).

Kegiatan lomba mewarnai ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) di wilayah Paroki Santo Fransiskus Asisi Singkawang.

Tema BKSN tahun ini adalah “Keluarga Bersekutu Dalam Sabda Allah”, yang merupakan tema nasional dari Lembaga Biblika Indonesia (LBI), yang berkiprah di bidang Kerasulan Kitab Suci.

Menurut Amandus Ambot OFMCap, Pastor Paroki Santo Fransiskus Asisi Singkawang, perayaan BKSN di wilayah Paroki Singkawang di awali dengan misa syukur pada tanggal 1 September 2013.

Setelah misa, kemudian dilanjutkan dengan seminar Kitab Suci yang dibawakan oleh Pastor Raphael Samosir OFMCap, yang merupakan alumnus Universitas Gregoriana Roma, spesialisasi Teologi Bilblis.

Seminar Kitab Suci tersebut dihadiri sekitar 400 umat Katolik dari Paroki Singkawang. Selain seminar, rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan BKSN juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, di antaranya lomba mewarnai gambar tentang kitab suci untuk tingkat anak-anak, lomba membaca kitab suci atau lektor, lomba menyanyikan Mazmur, lomba cerdas cermat Kitab Suci, serta lomba drama yang mengangkat kisah dari cerita dalam kitab suci.

Pastor Ambot juga menyebutkan, BKSN ini bermakna untuk mengingatkan serta menyadarkan umat, supaya semakin mencintai Kitab Suci sebagai pedoman hidup umat Katolik. “Harapan kita, umat semakin rajin membaca dan merenungkan Kitab Suci, menghayatinya serta mengamalkan sabda Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, hidup kita senantiasa didasarkan pada sabda Tuhan dan selalu sesuai dengan kehendak Tuhan”, Kata Pastor Ambot, Minggu (15/9/2013).

Sementara itu, Adiran, ketua panitia kegiatan lomba menyebutkan bahwa sasaran utama dari kegiatan ini adalah keluarga. Selain itu, panitia juga menghubungi sekolah-sekolah Katolik di Singkawang untuk mengirim utusan mengikuti kegiatan lomba tersebut.

“Sesuai dengan tema tahun ini, untuk memeriahkan kegiatan lomba, kita hubungi sekolah sekolah katolik di Singkawang untk mengirimkan utusannya. Selain lomba, ibu-ibu dari Wanita Katolik juga buka bazar didepan aula“, kata Adiran ketika dikonfirmasi di aula Gedung Paroki, di sela-sela lomba mewarnai.

Adiran juga menyampaikan harapannya, supaya umat Katolik di Singkawang dapat aktif dan mengenal serta memahami Kitab Suci, kemudian umat bisa menjadikan Kitab Suci sebagai dasar dalam hidup berkeluarga.

Rangkaian kegiatan BKSN ini rencananya akan diselenggarakan sepanjang bulan September 2013. 

Penulis: Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan
Editor : Glori K. Wadrianto