Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kedelai, Ganjar Akan Temui Produsen Tempe

Kompas.com - 09/09/2013, 15:41 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com
 — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap bisa bertemu dengan para produsen tahu dan tempe di Jawa Tengah untuk berdiskusi terkait kondisi harga kedelai yang semakin melonjak belakangan ini. Hal itu menyusul aksi produsen di sejumlah daerah, termasuk di Jawa Tengah, yang mogok memproduksi tahu dan tempe saat ini.

“Saya berharap bisa bertemu dengan mereka (produsen tahu dan tempe), saya ingin menjembatani dan berbicara dengan mereka terkait stok, harga, dan upaya pengendalian harga kedelai,” terang Ganjar seusai menjadi pembina upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2013 di Magelang, Senin (9/9/2013).

Politisi PDI Perjangan itu juga berencana akan segera bertemu dengan Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan guna membicarakan kebijakan harga komoditas kedelai. Pada kesempatan itu, kata Ganjar, dirinya juga akan memastikan bahwa pasokan kedelai tidak sampai terganggu.

“Mungkin kita akan bicarakan soal kebijakan harga, bisa enggak negara memberikan subsidi di tengah lonjakan harga kedelai yang semakin tinggi, ditambah nilai dollar yang juga tinggi, sehingga mereka tidak semakin terperosok,” tukas Ganjar.

Ganjar berpendapat, solusi terdekat untuk mengatasi kondisi saat ini adalah dengan mengeluarkan semua stok kedelai yang ada. Sebab, stok merupakan persoalan utama yang tengah dihadapi para produsen tempe dan tahu.

“Kita keluarkan stok. Persoalannya kan itu sebenarnya, baru selanjutnya kita tentukan harga tertinggi mana yang bisa ditoleransi. Saya lagi ngitung-ngitung, mungkin enggak negara memberikan subsidi dalam waktu dekat ini," pungkas Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com