Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Mogok Nasional, Produksi Tahu Tempe di Polman Jalan Terus

Kompas.com - 09/09/2013, 14:12 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ajakan aksi mogok nasional selama tiga hari kepada perajin tempe dan tahu, sebagai bentuk protes atas melambungnya harga kedelai tak berlaku di Polewali Mandar.

Puluhan pengusaha yang menggantungkan hidup mereka pada usaha tahu tempe, Senin (9/9/2013) tetap berproduksi melayani pelanggan. Umumnya, mereka beralasan tak bisa menghentikan usaha karena tak punya sumber penghasilan lain.

Pemandangan itu setidaknya terlihat di Kelurahan Sumber Rejo, Bumi Ayu, Polewali Mandar. Para perajin itu pun mengaku khawatir jika menghentikan usaha, maka mereka akan semakin kesulitan untuk melunasi cicilan kredit usaha.

“Kami pinjam uang kredit untuk mengelola usaha, kalau berhenti sehari mau dapat uang darimana untuk membayar cicilan kredit. Biarpun untungnya sangat kecil kapi tetap berusaha berproduksi agar utang tetap bisa dibayar,” ujar Sugito,s alah satu perajin tahu tempe di Kelurahan Sumberejo.

Sugito mengatakan, biasanya dia mempekerjakan lima orang, namun kini tinggal dua orang saja. Itu pun produksinya dikurangi sampai 50 persen lebih.

Saat ini, kedelai yang biasanya hanya dibeli dengan harga Rp 7.600 per kilogram, dibeli dengan harga Rp 9.500, bahkan sampai Rp 10.00 per kilogram.

Para perajin pun memutar otak untuk menyiasati kondisi tersebut. Salah satunya dengan mencampurkan kedelai dengan jagung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com