Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Lapas Labuhan Ruku Akhirnya Bisa Dipadamkan

Kompas.com - 18/08/2013, 22:28 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Api yang membakar gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, sejak pukul 17.30 WIB tadi akhirnya bisa dipadamkan menjelang pukul 21.00 WIB. Setidaknya ada sekitar enam unit mobil pemadam yang turun untuk memadamkan api.

Meski api yang sempat menghanguskan beberapa bagian gedung LP Labuhan Ruku, di antaranya ruang perkantoran, itu telah padam, mobil pemadam kebakaran masih berjaga di sekitar lokasi kejadian. Aparat kepolisian juga masih melakukan penjagaan ketat di sejumlah titik, termasuk di daerah perbatasan Batu Bara dengan kabupaten sekitarnya.

Selain itu, aparat kepolisian dilaporkan masih melakukan negosiasi dengan para narapidana di sekitar pintu utama gedung lapas. Para napi ini menolak aparat masuk ke bagian dalam lapas.

Kepala Pos Lapas Labuhan Ruku, S Berutu mengatakan, kericuhan dan kebakaran dipicu penolakan para napi terhadap rencana pemindahan napi dari lapas lain ke Lapas Labuhan Ruku. Pasalnya, lapas ini juga dinilai sudah kelebihan penghuni (overload).

"Memang ada rencana pemindahan sekitar 40 orang napi dari Lapas Lubuk Pakam ke Lapas Labuhan Ruku," ujarnya.

Saat ini, Lapas Labuhan Ruku dihuni sekitar 800 orang napi. Padahal, idealnya lapas ini hanya bisa menampung sebanyak 250 napi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com