Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ketiga Pencarian, Pendaki Rusia Belum Ditemukan

Kompas.com - 14/08/2013, 20:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sampai dengan hari ketiga operasi pencarian, tim SAR Yogyakarta belum berhasil menemukan wisatawan asal Rusia, Ehbrehnin Yevgeniy (26), yang tersesat saat mendaki Gunung Merapi.

"Anggota SAR yang di lapangan sudah sempat kontak suara dengan survivor, namun ketika didatangi dia (survivor) tidak ada di tempat," terang Brotoseno, Komandan SAR DI Yogyakarta, saat ditemui di posko operasi SAR Kinahrejo, Rabu (14/8/2013) malam.

Ia mengungkapkan, Ehbrehnin yang terus bergerak justru menyulitkan proses pencarian. Kontak suara antara anggota SAR yang di lapangan dan pemuda tersebut terjadi disekitar wilayah barat Srimanganti.

Saat itu anggota SAR berusaha mendekati asal suara. Hal yang sama dilakukan Ehbrehnin. Namun ketika tim SAR tiba di tempat, tidak ditemukan tanda-tanda pria Rusia itu. 

"Dua kali terjadi kontak suara, kemarin dan hari ini sekitar pukul 11.00 WIB," jelas Brotoseno. 

"Secara logika jika tadi sekitar pukul 11.00 WIB, survivor bisa berteriak kuat 'help me... help me',  maka kuat dugaan sampai jam ini (Ehbrehnin) masih dalam keadaan selamat. Saya memprediksi sampai saat ini dia masih sehat," ucapnya.

Sementara itu untuk malam ini pencarian dihentikan karena kondisi gunung tertutup kabut tebal dan akan dilanjutkan esok pagi pada pukul 07.00 WIB. " Malam ini kita hentikan, dan dilanjutkan besok pagi," pungkas Brotoseno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com