Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juru Kunci Merapi Ikut Cari Pendaki Rusia yang Hilang

Kompas.com - 13/08/2013, 15:45 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Juru kunci Gunung Merapi, Mas Kliwon Surakso Hargo, bergabung bersama tim SAR DI Yogyakarta untuk mencari pendaki asal Rusia, Ebrehnin Yevgeniy (26), yang tersesat di Gunung Merapi, sejak Minggu (11/8/2013).

Juru kunci Merapi, yang juga merupakan putra almarhum Mbah Marijan ini bergabung dalam tim ke-6 yang diberangkatkan pada pukul 12.00 WIB. Mas Kliwon berangkat bersama sembilan orang yang berasal dari tim SAR DIY, polisi, dan relawan.

"Saya merasa terpanggil untuk turut serta mencari," terang Mas Kliwon Surakso Hargo saat ditemui di Pos SAR Kinahrejo, Selasa (13/8/2013).

Ia menjelaskan, pendakian lewat jalur selatan memang sudah tidak diperbolehkan karena jalur pendakian terputus sejak erupsi Merapi pada 2010 lalu.

"Jalur pendakian Merapi yang diperbolehkan hanya lewat Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Kalau lewat sini (Kinahrejo) tidak bisa," ungkapnya.

Tim ke-6 yang di dalamnya mencakup juru kunci Merapi akan melakukan pencarian sampai ke Pos II Merapi atau di ketinggian 2.025 mdpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com