Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Ambon, Ratusan Rumah Rusak

Kompas.com - 30/07/2013, 17:04 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sebagian besar kawasan di Ambon, Selasa (30/7/2013) pagi selain merendam ribuan rumah warga, juga mengakibatkann ratusan rumah mengalami kerusakan.

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur Kota Ambon sejak Senin malam. Ratusan rumah warga ini rusak setelah tersapu banjir dari luapan sejumlah sungai yang ada di Ambon. Selain rusak dan terendam, sejumlah rumah warga lainnya bahkan hanyut terbawa banjir.

Pantauan di sejumlah lokasi bencana, sejak selasa pagi, terlihat rumah ratusan warga mengalami kerusakan mulai rusak ringan hingga rusak berat. Di kawasan Batu merah misalnya, tercatat puluhan rumah mengalami rusak, sebagian rumah bahkan hancur terkena banjir.

Selain di Batu Merah, sejumlah rumah warga juga terlihat rusak parah di kawasan Batu Gaja, di kawasan ini, rumah–rumah warga yang umumnya berada di bantaran sungai tak luput mengalami kerusakan parah.

Hal yang sama juga terjadi di kawasan Batu Meja, Jalan Baru, Ahuru, Talake, Batu Gaja dan sejumlah kawasan lainnya.

Pantauan di sejumlah lokasi bencana, banjir tidak hanya merusak rumah–rumah warga, namun juga menghanyutkan harta benda milik warga. Sejumlah mobil, sepeda motor dan becak bahkan terlihat hanyut di beberapa kawasan seperti di Batu Merah dan Ponegoro, Skip dan kawasan lainnya.

Banjir ini tidak hanya menerjang perumahan warga namun juga merendam dan merusak sekolah, perkantoran dan juga sejumlah pasilitas umum lainnya. Beberapa hotel di Ambon bahkan tak luput tergenang banjir.

Dari data sementara yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, tercatat delapan warga meninggal dunia, tujuh hilang dan puluhan warga lainnya mengalami luka–luka. Data itu diungkapkan Kepala BPBD Kota Ambon, Broery Marantika.

Selain di Batu Merah, banjir terparah juga terjadi di kawasan Ponegoro, Skip, Batu Gaja, Talake, Ahuru, Galala, Passo, Jalan Baru dan sejumlah kawasan lainnya di Ambon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com