Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Bocor, Imigran Timteng Terdampar di Tulungagung

Kompas.com - 16/07/2013, 17:48 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Delapan imigran asal Timur Tengah terdampar di Perairan Sine, Tulungagung, Jawa Timur, setelah perahu yang mereka tumpangi bocor, Selasa (16/7/2013).

Kedelapan imigran tersebut terdiri dari dua pria, dua wanita, seorang remaja putri, serta tiga anak balita. Mereka diduga berasal dari Iran yang hendak menuju Pulau Christmas di Australia.

Kepala Polres Tulungagung Ajun Komisaris Besar Polisi Wishnu Hermawan mengatakan, para imigran itu kini diamankan di Polres Tulungagung untuk menjalani pemeriksaaan.

"Dari pemeriksaan awal, diketahui tidak ada dokumen apa pun. Kita juga belum mengetahui jalur asal usul mereka sebelum sampai di Tulungagung ini. Hanya, mereka dari Iran," kata AKBP Wishnu Hermawan.

Wishnu menambahkan, pihaknya juga masih memburu anak buah kapal yang membawa imigran. Tiga ABK itu melarikan diri sesaat sebelum penjemputan di Pantai Sine. Mereka diduga melarikan diri ke arah hutan sekitar pantai.

Wishnu mengatakan, dua imigran dalam keadaan sakit, sementara enam orang lainnya dalam kondisi kesehatan yang baik. Dua orang yang sakit itu kini dirawat di RS Bhayangkara Tulungagung.

Dari pemeriksaan medis terungkap, salah satu imigran tengah hamil muda. "Sedang hamil 2 bulan. Kini kondisinya kita pantau terus," kata Kompol Sumarsono, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung.

Kini kepolisian masih terus berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk menentukan langkah yang akan dilakukan terhadap para imigran itu. Sementara itu, kapal pengangkut itu diamankan dengan penjagaan ketat aparat kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com