Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kolaka Amankan 31 Imigran Gelap Asal Iran

Kompas.com - 06/07/2013, 21:17 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com- Sebanyak 31 imigran gelap asal Iran yang tengah bersembunyi di sebuah rumah kos, di Jalan TMD Kolaka, Sulawesi Tenggara, ditahan di Polsek Kolaka. Mereka terdiri dari 6 orang anak, 8 perempuan dan 17 laki-laki. Para imigran ini ditahan karena tidak memiliki dokumen lengkap dan masuk ke Indonesia secara ilegal.

Kapolsek Kolaka Iptu La Ode M Agus mengatakan, 31 imigran gelap ini sudah dua hari menempati rumah kos tersebut. Polisi menerima laporan dari polisi terkait keberadaan mereka. 

Kondisi rumah kos yang memiliki pagar tembok setinggi lebih dari dua meter ini, memang cukup aman bagi para imigran gelap ini untuk bersembunyi.

“Jadi setelah adanya laporan dari masyarakat kami langsung menuju tempat yang dimaksud dan ternyata tempat itu adalah sebuah rumah kos yang berdempetan. Ada beberapa kamar yang mereka pakai karena rombongannya terlalu banyak. Saat kami minta dokumen resmi, mereka ini tidak bisa menunjukkan. Kami jaga ketat dan tahan untuk sementara sambil tunggu orang dari keimigrasian datang,” katanya, Sabtu (06/07/2013).

Polisi akan meminta keterangan dari pemilik rumah kos terkait keberadaan para imigran ini. "Pemilik rumah kos masih kami tunggu tapi keterangan dari tetangga kamarnya, para imigran ini datang beberapa hari lalu dengan diangkut menggunakan sebuah mobil. Mereka akan menuju ke Australia untuk mendapat suaka dinegara itu,” kata La Ode.

Menurut keterangan sementara yang didapatkan polisi, mereka sebelumnya singgah di Jakarta. Saat ini, puluhan imigran ini masih dijaga ketat polisi sambil menunggu tindak lanjut dari keimigrasian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com