Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Cek Dampak Gempa di Malang

Kompas.com - 08/07/2013, 10:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pengecekan kemungkinan adanya korban dan kerusakan bangunan terkait terjadi gempa yang terjadi di Malang, Jawa Timur, Senin (8/7/2013) pukul 09.13 WIB.
    
"Sekalipun gempa tidak berpotensi tsunami, kita masih melakukan pengecekan untuk mengetahui sejauh mana dampak yang ditimbulkan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin.
    
Menurut Sutopo Purwo Nugroho, gempa 5,9 SR terjadi pada Senin (8/7) pukul 09.13.39 WIB di koordinat 9,16 LS dan 113,00 BT dengan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di Samudra Hindia, yaitu 112 km tenggara Malang (Jatim), 114 km barat daya Lumajang (Jatim), 130 km barat daya Jember (Jatim), atau 202 km tenggara Surabaya.
     
Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke beberapa daerah. Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang dilaporkan bahwa gempa terasa sedang selama tiga hingga lima detik.
    
Lampu di dalam gedung bergoyang, tetapi tidak ada kerusakan di Kota Malang dan masyarakat sebagian keluar rumah.
    
Di Bondowoso, gempa terasa cukup kuat selama lima detik. Masyarakat yang berada di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung dan dilaporkan sementara tidak ada kerusakan.

Sementara itu, di Jember, gempa dirasakan cukup kuat selama lima detik. Masyarakat sebagian keluar rumah dan tidak ada kerusakan.
    
Peta guncangan gempa menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com