Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gagalkan Upaya Pencurian 74 Ekor Sapi di Sumba Timur

Kompas.com - 09/07/2017, 20:52 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

WAINGAPU, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Sektor Lewa, Resor Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menggagalkan pencurian 74 ekor sapi ternak.

Kepala Kepolisian Resor Sumba Timur AKBP Viktor Silalahi kepada Kompas.com, Minggu (9/7/2017) mengatakan, puluhan ekor sapi yang hendak dicuri itu milik Kornelis Kuda Ndahi, warga Kampung Watumbelar, Desa Praibakul, Kecamatan Lewa, Sumba Timur.

"Aksi pencurian yang dilakukan oleh oknum yang sampai saat ini belum diketahui identitasnya itu berlangsung Sabtu (8/7/2017) kemarin siang," ujar Viktor.

(Baca juga: Pelaku Pencurian Mobil di RS Banda Aceh Ditangkap di Aceh Timur)

Setelah menerima laporan korban, polisi langsung bergerak dan berhasil mendapatkan kembali sapi itu.

Berdasarkan pengakuan korban Kornelis Kuta Ndahi, diketahui bahwa 74 ekor sapi itu bukan hanya miliknya, melainkan juga milik beberapa teman yang menitipkan kepadanya untuk digembalakan.

Kejadian itu, menurut Viktor, bermula pada Jumat (7/7/2017) saat Kornelis mengikuti acara kematian di rumah kerabatnya.

Tak berselang lama, Kornelis ditelepon oleh saksi Mika Ndun Maramba yang juga merupakan pemilik hewan yang mengaku tidak melihat sapi di dalam kandang milik Kornelis.

Berdasarkan laporan dari Mika, Kornelis lalu menghubungi beberapa teman lainnya yang hewannya juga hilang untuk melaporkan kasus tersebut di Polsek Lewa.

"Setelah menerima laporan dari korban, aparat Polsek Lewa yang dipimpin oleh Kanit Rekrim Polsek Lewa, Bripka I Dewa Kadek Arnawa, melakukan pencarian dan berhasil menemukan kembali sebanyak 70 ekor menuju arah Desa Laihau," kata dia.

(Baca juga: Gagalkan Pencurian 4 Kerbau, Warga Saling Lempar Batu dengan Perampok)

Selanjutnya, kata Viktor, anggota polsek melakukan penelusuran dan berhasil menemukan empat ekor sapi lagi sehingga ternak sapi yang hilang telah ditemukan semua.

"Saat ini, penyidik Polsek Lewa sedang melakukan pengembangan dan penyelidikan untuk mengetahui pelaku pencurian tersebut," ujar dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com