Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Helikopter Basarnas Dipotong-potong Saat Evakuasi

Kompas.com - 05/07/2017, 08:05 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Evakuasi bangkai badan helikopter Basarnas dilakukan, Rabu (5/7/2017). Proses ini membutuhkan tindakan khusus mengingat medan lokasi kecelakaan yang berada di area ketinggian.

Direktur Operasi dan Pelatihan Basarnas Brigjen TNI (Mar), Ivan Ahmad Riski Titus, menjelaskan badan utama helikopter jenis Douphin itu dibelah-belah menggunakan alat tertentu sehingga memudahkan evakuasi.

"Kesulitannya memang saat evakuasi saja. Kami pakai alat namanya Estrikasi, gunanya untuk memotong maupun membelah bodi heli agar mudah dievakuasi," katanya, Selasa (4/7/2017) sore.

Potongan-potongan itu lalu dibawa petugas ke kantor SAR Semarang sebelum kemudian dikirim ke Jakarta untuk direkonstruksi dan diteliti.

Ivan mengatakan, proses ini menjadi bagian dari prosedur investigasi agar segera diketahui penyebab kecelakaan yang menewaskan delapan orang penumpang itu.

(Baca juga: Ini Kronologi Jatuhnya Helikopter Basarnas di Temanggung)

Evakuasi itu sendiri dilakukan setelah tim gabungan melakukan pengumpulan data, merekam dokumen, dan mengambil serpihan-serpihan helikopter dari lokasi kecelakaan di perbukitan Butak, Dusun Bulu, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, sejak Senin (3/7/2017) - Selasa (4/7/2017).

"Beberapa serpihan yang sudah dikumpulkan seperti tutup mesin dan bagian-bagian yang bergerak (rotari) dan sebagainya," imbuhnya.

Adapun tim yang terlibat dalam proses investigasi ini berasal dari Basarnas, TNI Angkatan Laut, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan PT Dirgantara Indonesia.

(Baca juga: Detik-detik Terakhir Helikopter Basarnas, Warga Lihat Penumpang Lambaikan Tangan)

Sebelumnya diberitakan, helikopter milik Basarnas jatuh setelah menabrak tebing Gunung Butak, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Minggu (2/7/2017) sekitar pukul 16.00 WIB.

Helikopter yang dikemudikan oleh Kapten Laut (P) Haryanto itu dalam perjalanan menuju lokasi musibah kawah Sileri, Dieng, Banjarnegara. Delapan orang yang meninggal terdiri dari empat personel Basarnas Jawa Tengah dan empat kru helikopter.

 

Kompas TV Pemindahan badan helikopter yang jatuh di Temanggung, Jawa Tengah, akan dilakukan Rabu pagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com