Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi di Lapas Kendalikan Transaksi Pengiriman 500 Detonator

Kompas.com - 14/06/2017, 07:08 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Transaksi 500 detonator ternyata dikendalikan dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bollangi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Utara. Hal ini terungkap, setelah polisi menangkap pengirim 500 butir detonator dari Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Kalimantan Barat (Kalbar), MAF (25) warga BTN Minasaupa, Kecamatan Rappocini, Makassar.

Tersangka ditangkap di D&K Goest House Kamar 311 Jl Sultan Alauddin, Makassar, Selasa (13/6/2017).

"Dari pengakuan tersangka, ia membeli dari H Andi yang sementara menjalani hukuman di Lapas Bollangi dengan kasus perdagangan detonator. Tersangka membeli 500 butir detonator tersebut seharga Rp 20 juta. Kemudian tersangka menjual ke H. M Raji di di Ketapang, Kalbar senilai Rp 27.500.000," ungkap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, Selasa (13/6/2017) malam.

Dari pengakuan tersangka, sambung Dicky,  Andi mengkoordinasikan penjualan detonator dari dalam Lapas Bollangi.

Sebelumnya, tersangka berhasil mengantar langsung detonator yang dibelinya dari Andi kepada pembelinya di Ketapang, Kalbar pada 3 bulan lalu.

Tersangka mengantar detonator melalui kapal yang berangkat dari Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulsel menuju Ketapang, Kalbar.

"Tersangka MAF, merupakan anak pertama dari 4 bersaudara anak almarhum Hj Ramlah yang tewas dalam bom yang dibuatnya di Perumahan Pattene Permai, blok C 11 nomor 5, pada 3 Agustus 2015 lalu. Pada penjualan detonator terakhir sebelum tertangkap, tersangka mendapat keuntungan sebesar Rp 7,5 juta," sebut Dicky.

Sebelumnya diberitakan,  Polda Sulsel menangkap pengirim 500 butir detonator dari Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Kalimantan Barat ( Kalbar) yang digagalkan di terminal kargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Pada paket detonator, tertera data pengirim atas nama H Jamaluddin warga Daeng Karamang, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, dengan nomor telepon seluler 081244012926.

Paket tersebut ditujukan kepada Hj Raji beralamat di Jl MT Haryona, Gang Cendrawasih, no 20 B, RT 01, RW 01, Katapang, Kalimantan Barat ( Kalbar), dengan nomor telepon seluler 081256916555.

Baca juga: Polisi Tangkap Pengirim 500 Detonator dari Makassar ke Kalbar

Kompas TV 500 Alat Pemicu Bom Ditemukan di Bandara Sultan Hasanuddin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com