Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Curi Seekor Anjing, Seorang Pemuda Dihajar Warga

Kompas.com - 28/02/2017, 21:34 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Imanuel Lau (32), pemuda asal Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT, dihajar massa karena dituding mencuri anjing peliharaan warga.

Kepala Kepolisian Sektor Kelapa Lima AKP Basit Algadri mengatakan, Lau dihajar warga Jalan Timor Raya, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, setelah kedapatan bersama seorang temannya membawa seekor anjing yang dimasukan ke dalam karung.

Kejadian itu, lanjut Basit, bermula ketika warga mendapat informasi bahwa ada dua orang laki-laki yang berboncengan menggunakan satu unit sepeda motor yang diduga pelaku pencurian anjing sedang berada di belakang stadion Lasitarda, Kelurahan Lasiana, menuju jalan Timor Raya.

Atas informasi itu, lanjut Basit, warga pun menunggu di pertigaan jalan belakang Lasitarda. Pada saat kedua laki-laki tersebut datang, mereka langsung ditahan oleh warga dengan tujuan untuk menanyakan identitas keduanya.

Namun ketika hendak ditahan, kedua orang tersebut berusaha menerobos dan menabrak kerumunan warga sehingga keduanya saat itu langsung terjatuh.

"Pada saat keduanya terjatuh, warga kemudian melihat seekor anjing berada di dalam karung yang dibawa oleh kedua orang tersebut, bahkan salah satunya (yang dibonceng) memegang sebatang kayu pemukul dan hendak digunakan untuk memukul warga," kata Basit, Selasa (28/2/2017).

Pada waktu hendak memukul warga dengan menggunakan kayu, lanjut Basit, warga dengan sigap menangkap Lau, sedangkan temannya yang mengeluarkan benda tajam melarikan diri.

"Saat yang sama, warga membunyikan tiang listrik sehingga massa semakin berdatangan dan menghakimi pelaku Imanuel Lau serta membakar satu unit sepeda motor Honda Beet yang digunakan keduanya," ujarnya.

Setelah dihajar warga, polisi yang menerima laporan warga, pengurus RT mendatangi lokasi dan membawa Lau ke Rumah Sakit Bhayangkara Kupang untuk diberi perawatan medis.

Basit menjelaskan, Imanuel Lau mengalami luka pada bagian kepala, wajah, kedua tangan. Sementara barang bukti berupa satu ekor anjing, satu batang kayu bulat dan satu unit sepeda motor yang dalam kondisi terbakar (sisa rangka) diamankan di Markas Polsek Kelapa Lima.

Menurut Basit, warga sekitar sebelumnya sudah melakukan pemantauan di sekitar lingkungan Jalan Lasitarda, Kelurahan Lasiana. Pasalnya, pada 25 Februari dinihari, juga terjadi pencurian anjing di belakang Lasitarda.

Saat itu, para pelaku lolos dengan membawa seekor anjing, sementara tiga ekor lainnya ditinggalkan di lokasi dalam keadaan tidak bernyawa.

"Imanuel Lau saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Kupang dan belum bisa dimintai keterangan untuk mengetahui identitas salah satu rekannya yang berhasil melarikan diri serta lokasi awal pencurian anjing tersebut sebelum diamankan oleh warga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com