Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Bor Semburkan Pasir dan Gas, Api Pun Menyala di Ujung Pipa

Kompas.com - 12/12/2016, 17:58 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com -  Warga Desa Kabu, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh dikejutkan dengan semburan pasir becampur gas dari lubang pipa galian sumur bor yang berada di belakang kantor kecamatan setempat.

“Kemarin  (Minggu) sekitar pukul 15.00 Wib, tiba-tiba pasir bercampur gas keluar dari pipa galian sumur bor ini”, kata Marzuki, Camat Kecamatan Tripa Makmur kepada wartawan, Senin (12/12/16).

Menurut Marzuki, pasir bercampur gas itu tiba-tiba keluar dari lobang pipa sumur bor yang tengah dipasang oleh pekerja sumur pada kedalaman sekitar 42 meter saat pekerja memasang 7 batang pipa.

“Sumur bor ini sudah seminggu dikerjakan, namun Minggu (11/12/16) petang, saat pekerja memasang pipa ke delapan tiba-tiba pasir bercampur gas menyembur hingga puluhan meter”, katanya.

Akibat pasir bercampur gas yang terus keluar dari pipa galian sumur bor itu, satu rumah warga yang berada di belakang kantor camat rusak, karena atapnya tertimbun pasir.

“Bagian teras satu rumah warga roboh akibat tertimbun pasir”, katanya.

Pantauan kompas.com, warga Nagan Raya terus berdatangan kelokasi semburan pasir dan gas.

Bahkan banyak warga yang nekat mendekat untuk menyaksikan api yang masih menyala di ujung pipa sumur bor itu.

“Hingga kini belum ada penanganan dari dinas terkait, apakah lokasi ini bahaya ataua tidak, tapi tadi orang dari distamben ada datang, katanya besok datang tim dari Distamben Aceh untuk melakukan penanganan”, ujar Marzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com