Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua KPU Buton: Tak Ada Skenario Memunculkan Satu Calon Tunggal

Kompas.com - 04/10/2016, 15:45 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton, Alimudin Sikuru, membantah tudingan bahwa komisioner KPU tidak independen dalam Pilkada 2017. Dia menjamin, sejak dirinya menjadi komisioner hingga saat ini, independensi KPU Kabupaten Buton masih tetap terjaga.

“Tudingan itu wajar, mereka (pengunjuk rasa) berasumsi demikian. Tetapi kami nyatakan, sampai saat ini tidak satu komitmen pun yang kami bangun kepada siapa pun,” kata Alimudin, Selasa (4/10/2016).

Menurut dia, seluruh anggota KPU Buton bekerja sesuai dengan amanah UU dan juga hierarki KPU, baik provinsi maupun KPU Pusat di Jakarta. Dia juga membantah adanya skenario untuk memuluskan satu pasangan calon bupati saja.

“Kami juga tidak ada skenario untuk memunculkan satu nama khusus atau menyusun penamaan khusus yang memungkinkan satu pasangan calon. Kami tidak bernegosiasi dengan pihak siapa pun kepada pihak-pihak lain yang berkenan untuk menguasai sistim demokarasi di kabuaten buton satu pasangan tunggal,” ujarnya.

Dari pemeriksaan verifikasi pendaftaran H Hamin–Farid Bachmid, Komisoner KPU Buton menyimpulkan bahwa pemeriksaan dokumen yang dibawa pasangan tersebut hanya memenuhi syarat 16 persen saja.

“Tidak mencapai kuota 20 persen dengan satu partai pengusung tidak memenuhi syarat tidak sesuai yang diterima dan Kemenkumham,” ucap Alimudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com