Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Hentikan Pencarian 19 Korban Banjir Garut

Kompas.com - 03/10/2016, 20:05 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung menghentikan pencarian 19 korban banjir bandang Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang dilaporkan masih hilang sejak peristiwa banjir, Selasa (20/9/2016).

"Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," kata Humas dan Protokoler Basarnas Bandung, Joshua, dalam siaran pers, Senin (3/10/2016).

Dia mengatakan, tim Basarnas bersama petugas gabungan dan sukarelawan telah berupaya melakukan pencarian selama 13 hari.

Tetapi hasilnya, lanjut dia, 19 korban yang hilang belum juga ditemukan meskipun sudah dicari semua titik yang dicurigai.

"Meskipun selesai akan tetapi tetap ada proses pemantauan," katanya.

Tim pencarian korban banjir bandang telah berupaya maksimal mencari korban yang hilang dengan menyusuri sepanjang aliran Sungai Cimanuk, bahkan sampai Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang.

Selama tujuh hari atau masa tanggap darurat, petugas menemukan 34 orang meninggal dunia, selanjutnya pencarian diperpanjang hingga 3 Oktober 2016 untuk mencari 19 orang yang hilang.

"Data korban sampai dengan penutupan operasi SAR, 34 korban meninggal dunia, 19 korban dinyatakan hilang," kata Joshua.

Data sementara menunjukkan, korban tewas orban dunia di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir terdiri dari sembilan laki-laki dan 25 perempuan dengan berbagai usia mulai dari balita sampai lanjut usia.

Selain warga meninggal dunia dan hilang, tercatat korban banjir yang mengungsi sebanyak 1.112 jiwa.

Pemerintah telah menyiapkan tempat hunian sementara yang layak di gedung pemerintahan dan Asrama Musadadiyah, berikut memenuhi kebutuhan hidupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com