Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Panglima TNI Tinjau Jalan Trans Papua yang Dikerjakan Prajurit

Kompas.com - 23/03/2016, 17:12 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo direncanakan mengunjungi sejumlah wilayah di Papua pada 28-29 Maret 2016.

Dalam salah satu agendanya, Gatot akan meninjau lokasi jalan yang dikerjakan ratusan personel anggota TNI Angkatan Darat di daerah Mamugu, Kabupaten Nduga, ke Wamena sepanjang 278 kilometer.

Proyek ini merupakan kerja sama TNI AD serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jalan itu diharapkan dapat membuka keterisolasian dari Wamena, Habema, Kenyam, dan Mamugu.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian menjadi penanggung jawab pelaksanaan proyek tersebut.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Rahardjo di Jayapura pada Rabu (23/3/2016) mengatakan, kunjungan Panglima sama sekali tak terkait dengan penyiapan operasi penegakan hukum pascainsiden penembakan empat warga sipil di Sinak, Kabupaten Puncak, beberapa hari lalu.

"Kegiatan ini sudah direncanakan sejak lama. Selain proyek jalan, Panglima juga akan mengunjungi Yahukimo dan daerah Skouw Wutung yang merupakan perbatasan Jayapura dan Skouw Wutung," kata Teguh.

Ia menuturkan, pengerjaan jalan Wamena ke Mamugu masih tetap berjalan hingga saat ini. Pengerjaannya ditargetkan selesai pada Agustus mendatang.

"Sekitar 100 personel kami telah membuka jalan sepanjang 10 kilometer. Pengerjaan jalan ini menghadapi banyak hambatan seperti distribusi bbm dan kondisi geografis yang terjal," kata Teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com