Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Warga Salatiga Dikabarkan Jadi Anggota Gafatar

Kompas.com - 26/01/2016, 19:24 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Wali Kota Salatiga Yuliyanto tengah menelusuri kebenaran informasi yang menyebutkan lima warga kota itu yang terdapat di antara rombongan bekas anggota Gafatar yang dikarantina di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa (26/1/2016).

Yuliyanto mengatakan, pihaknya telah mengirimkan tim dari instansi Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Politik (Kesbanglinmaspol) untuk melakukan verifikasi terkait kabar tersebut.

"Kami akan mencocokkan hasil pengecekan biometrik para eks anggota Gafatar di Boyolali dengan data kependudukan di sini," kata Yuliyanto.

Jika dari pengecekan manifes dengan data kependudukan dipastikan kelima orang tersebut adalah warga Salatiga, maka pemerintah akan menjemput mereka di Boyolali.

Selanjutnya, pemkot akan melakukan pendampingan dan pembinaan sebelum mereka diserahkan kepada pihak keluarga.  

"Tentu akan kita pantau dan kita awasi. Jika ada indikasi mereka masih ada kegiatan yang berkaitan dengan Gafatar, kami akan ambil tindakan tegas," ujar Yuliyanto.

Sebelumnya sebuah informasi tersebar lewat sarana BBM di kalangan wartawan menyebutkan dari 342 orang anggota Gafatar asal berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta, lima di antara mereka diduga berasal dari Salatiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com