Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang HUT GAM, TNI-Polri Antisipasi Pengibaran Bendera Bulan Bintang

Kompas.com - 02/12/2015, 17:41 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Dua hari menjalang peringatan ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM), TNI dan Polri di Kabupaten Nagan Raya, Aceh mewaspadai pengibaran bendera GAM di wilayah tersebut.

“Hari ini kita adakan kegiatan apel bersama TNI/Polri dan tokoh masyarakat setempat menjelang hari milad GAM,” kata Letkol Arm Erland Hendriatna, Dandim 0116 Nagan Raya kepada wartawan, Rabu (02/12/2105).

Untuk meningkatkan pengamanan di puncak milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM), TNI akan menurunkan hampir 1.000 personel untuk membantu pengamanan di wilayah hukum Polres Nagan Raya.

“TNI mem-backup pengamanan Polisi, dari Kodim sebanyak 250 personel dan ditambah dari dua kompi masing-masing 300 personel, hampir seribu personil TNI diturunkan untuk pengamanan hari milad GAM,“ katanya.

Erland menambahkan, jika muncul pengibaran bendera bulan bintang ataupun kegiatan lain yang menimbulkan keresahan masyarakat maka aparat akan mengedepankan penanganan secara persuasif.

Pendekatan itu akan melibatkan para tokoh masyarakat dan mantan anggota GAM.

“Jika ada bendera yang berkibar, akan diturunkan masyarakat, tapi kalau ada pelakunya akan kita tindak sesuai dengan undang-undang yang berlaku” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com