Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 15 Tahun, Rinaldi Jadi Mahasiswa Termuda di Unpad

Kompas.com - 21/08/2015, 12:03 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Rinaldi Wilopo baru menginjak usia 15 tahun, 1 bulan, dan 8 hari. Jika pada umumnya remaja berusia 15 tahun baru masuk ke jenjang SMA, Rinaldi sudah duduk di bangku kuliah. Dia kini tercatat sebagai mahasiswa di Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran, Bandung.

"Usia lima tahun, saya masuk SD. Lalu ikut akselerasi waktu SMP karena pengen cepet lulus. Pas SMA, ikut akselerasi lagi karena katanya lebih gampang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN)," ucap Rinaldi kepada Kompas.com, Jumat (21/8/2015).

Sebelum mengikuti akselerasi, serangkaian proses harus dijalani Rinaldi, mulai dari psikotes hingga tes tulis. Tes ini untuk mengukur kemampuan akademik siswa, juga kesiapan siswa menerima pengajaran yang lebih tinggi pada saat usianya belum mencukupi.

Rinaldi ternyata memenuhi syarat. Ia berhasil masuk program akselerasi bersama 12 temannya. "Biasanya satu angkatan 20 orang, tetapi angkatan saya hanya 13 orang," imbuhnya.

Tidak semua anak dalam angkatan tersebut bisa menyelesaikan program akselerasi dengan baik. Sebab, ada pula yang mengundurkan diri dari program tersebut akibat tidak tahan atau tidak bisa mengikuti materi pelajaran. Rinaldi adalah salah satu yang berhasil menaklukkan program akselerasi dengan nilai memuaskan.

Putra pasangan Suherman Wilopo dan Liany Anggreini ini mengaku bukan siswa dengan prestasi akademik tinggi di kelasnya. Walaupun berhasil masuk kelas akselerasi, ia tidak penah mendapat juara kelas. "Saya berada di ranking pertengahan," imbuhnya.

Kini, remaja kelahiran Padang, 13 Juli 2000, ini pun bertekad untuk segera menyelesaikan pendidikan S-1-nya. Setelah itu, ia berencana langsung masuk program S-2 dan berupaya mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan atau peneliti.

"Saya ingin menjadi ilmuwan dan peneliti di bidang matematika. Saya sangat menyukai matematika. Sejak SD, kalau sudah ada buku matematika, saya bisa lupa waktu. Belajar dan terus belajar," ungkap remaja yang mengaku lebih senang berhitung daripada menghapal ini.

Rinaldi Wilopo adalah salah satu dari 5.729 mahasiswa baru program sarjana Unpad. Seperti dikutip dari situs Unpad.ac.id, anak bungsu dari tiga bersaudara ini masuk Unpad melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Pengumuman SBMPTN dibuka pada 9 Juli 2015, atau hanya empat hari menjelang Rinaldi memasuki usia 15 tahun. Sebulan kemudian, tepatnya 12 Agustus 2015, Rinaldi resmi menjadi mahasiswa Unpad setelah melaksanakan registrasi administrasi.

"Saya kaget waktu tahu jadi mahasiswa termuda. Ya bangga juga jadi yang termuda. Untuk teman-teman yang masih di SMA, belajarlah giat dan semoga bisa juga jadi yang termuda, mengalahkan catatan saya sekarang," tutur dia. (Baca: Usia 14 Tahun, Aldo Kini Kuliah di Fakultas Kedokteran UGM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com