Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Lintasan KA di Kendal Tidak Berpalang Pintu

Kompas.com - 07/07/2015, 16:53 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Puluhan lintasan kereta api di Kabupaten Kendal tidak berpalang pintu. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Subarso, mengatakan, dari puluhan lintasan KA tak berpalang pintu itu, hanya ada 14 perlintasan yang memisahkan jalan besar, sedangkan yang lainnya adalah jalan tikus (jalan kecil) yang dibuat oleh masyarakat untuk berjalan kaki.

Oleh karena itu, untuk mencegah kecelakaan, pihaknya akan menempatkan petugas di 14 lintasan KA tak berpalang pintu itu.

“Kami akan menempatkan petugas jaga di perlintasa KA tak berpalang pintu tersebut, pada H- 7 hingga H 7 lebaran,” kata Subarso, Selasa (7/7/2015).

Di setiap lintasan, pihaknya akan menempatkan dua petugas. Satu orang akan berjaga pada siang hari dan satu orang lagi pada malam hari.

“Tiap penjaga akan diberi honor Rp 50.000 per harinya,” ujarnya.

Subarso menambahkan, petugas lintasan KA tak berpalang pintu akan diambil dari Hansip desa. Honor petugas palang pintu tersebut akan diambil dari APBD.

“Anggaran sudah ada, nanti tinggal menunggu penjaga lintasannya saja,” tegasnya.

Satu dari 14 lintasan KA tak berpalang pintu, di antaranya berada di Srogo, Kecamatan Brangsong, Kendal. Menurut pengakuan salah satu warga, Sudibyo, di jalan Srogo, kerap terjadi kecelakaan.

“Di lintasan ini, beberapa kali terjadi kecelakaan karena ditabrak kereta. Saya berharap pemerintah maupun PT KAI, membuatkan palang pintu,” kata Sudibyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com