Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Bersalina Minta Jenis Kelamin Ichal Saser Dibuktikan

Kompas.com - 30/05/2015, 16:41 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ichal Saser, alias Santalia, sudah mengakui bahwa dirinya ada perempuan, membenarkan pernyataan Bersalina, perempuan yang dia nikahinya setahun yang lalu. Namun, keluarga Bersalina tidak puas hanya dengan pengakuan Ichal. Mereka meminta pembuktian fisik.

Paulus Sambolangi, kakek Bersalina, orang yang bersikeras meminta Ichal membuktikan jenis kelaminnya secara fisik. Dialah yang mengurus pernikahan Ichal dengan Bersalina di Gereja Toraja Mamasa (GTM), Klasis Polewali, di kampung halamannnya, di Desa Tabone kecamatan Matakali Polewali Mandar, 1 Juni 2014 lalu.

Paulus mengaku tidak percaya suami Bersalina adalah perempuan. Dia juga enggan berdebat dengan keluarga Ichal tentang jenis kelamin suami cucunya itu.

Rupanya, Paulus mencurigai heboh pernikahan sesama jenis Ichal dan Bersalina hanya akal-akalan keduanya agar bisa bercerai.

“Sampai sekarang saya tak percaya pengakuan tersebut sebelum itu bisa dibuktikan. Kalau sudah dibuktikan, bukan dengan perang pernyataan, tapi dibuktikan secara fisik, baru saya bisa percaya,” ujar Paulus.

Jika benar suami cucunya itu adalah perempuan, Paulus menyatakan akan menyusun gugatan kepada keluarga Ichal. Aparat desa yang mengeluarkan surat keterangan sebelum kedua pasangan ini menikah, kata dia, juga harus bertanggung jawab. Mereka, kata dia, termasuk melakukan pembohongan kepada keluarga Bersalina dan pihak gereja karena telah membuat surat keterangan palsu hinga keduanya bisa dinikahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com