Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Pengunjung Gunung Tangkuban Parahu Mulai Meningkat

Kompas.com - 25/12/2014, 13:16 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

LEMBANG, KOMPAS.com - Gunung Tangkuban Parahu yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang, Jawa Barat, masih menjadi primadona wisata yang wajib dikunjungi pada saat liburan panjang seperti akhir tahun ini. Sejak tiga hari ke belakang, terjadi peningkatan pengunjung yang cukup signifikan.

Menurut Putra Kaban, Direktur Utama Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu, PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), peningkatan pengunjung pada musim libur ini mencapai 30 persen.

"Pengunjung hari biasa 1.500 sampai 2.000 orang. Sudah terlihat ada kenaikan sampai 30 persen," kata Kaban saat ditemui di loket masuk TWA Gunung Tangkuban Parahu, Kamis (25/12/2014).

Tidak hanya kunjungan wisatawan lokal yang meningkat. Menurut Kaban, kunjungan wisatawan mancanegara juga ikut meningkat.

"Dengan tahun sebelumnya bertambah 5-10 persen. Malah ada juga beberapa wisatawan asing dari negara-negara yang memang belum pernah datang ke sini," akunya.

Selain ada peningkatan jumlah pengunjung, ada juga perubahan jam kedatangan pengunjung. Jika sebelum-sebelumnya wisatawan lebih banyak datang siang menjelang sore hari, beberapa hari terakhir pengunjung lebih banyak datang di pagi hari sekira pukul 08.00 WIB.

"Jadi sekarang lebih banyak wisatawan datang pagi. Jam setengah empat sore sudah sepi," tuturnya.

Kaban menambahkan, kondisi cuaca yang saat ini tengah memasuki musim penghujan tidak berpengaruh kepada jumlah kunjungan. "Cuaca tidak berpengaruh. Buktinya jumlah kunjungan terus meningkat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com