Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjejak Kuburan Batu "Misterius" Dayak Kenyah

Kompas.com - 11/12/2014, 06:41 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

MALINAU, KOMPAS.com - Ketinting yang kami tumpangi, Selasa (9/12/2014), tiba-tiba menepi. Saat itu kami sedang mengarungi Sungai Bahau di Desa Long Berini, pedalaman Malinau, Kalimantan Utara.

"Kita lihat kuburan batu dulu. Barangkali mau foto-foto di sana," ujar Kepala Desa Long Berini Antonius Lawai, yang sekaligus menjadi juru mudi ketinting kami, buka suara. Makam apa ini?

Kompas.com--reporter Fabian Januarius Kuwado bersama fotografer Fikria Hidayat dan Kristianto Purnomo--berkesempatan menjelajah pedalaman Malinau sejak 1 Desember 2014, mengikuti rangkaian safari Natal 2014 dari Bupati Malinau, Yansen Tipa Padan.

Kisah perjalanan selama penjelajahan ini kami munculkan dalam serial tulisan di Kompas.com. Kunjungan ke kuburan tua Dayak Kenyah ini tak terkecuali.

Siang itu, satu ketinting bersama saya adalah pendeta Edy Maryanto dan pengusaha asal Tarakan, Davidson. Begitu Lawai mengutarakan alasannya menepikan ketinting, kami ibarat mendapat aba-aba untuk menjawab serentak, "Boleh, Pak."

"Byur!" Sepatu saya tercebur air di tepian sungai. Saya turun lebih dulu untuk membantu menambatkan perahu ke tepi sungai yang berpasir.

Tidak terurus

Area pemakaman kuno ini berada di daratan yang berketinggian dua meter di atas permukaan sungai. Sebuah tangga kayu seukuran pijakan kaki, menjadi jalan untuk naik ke kompleks makam.

Begitu kaki menjejaki anak tangga terakhir, area kuburan seluas sekitar 30x30 meter persegi dengan kitaran kawat berduri itu seketika menghampar di depan kami. Gapura kayu berhiaskan ukiran khas Dayak, tegak menyambut para "tamu".

Memasuki areal makam, daun kering terlihat berserakan. Akar pohon yang menonjol pun tertutup serakan daun ini, sesekali menyandung mereka yang tak awas melangkah. Pepohonan tinggi meneduhkan kompleks makam, meski keheningan tak pelak memunculkan pula nuansa seram.

Di dalam kompleks ini, ada lima tumpukan batu yang oleh Lawai disebut sebagai kuburan kuno itu. Tiga makam berjejeran, sementara dua yang lain terpisah sekitar sepuluh meter satu sama lain.

Struktur kelima kuburan ini sama. Ada empat hingga enam batu lonjong tertancap di tanah. Di tengahnya, ada batu berbentuk serupa guci, dengan batu pipih sebagai penutup.

"Dulu katanya jenazah ditaruh di dalam batu ini. Tidak ada yang tahu siapa yang dikubur di sini," ujar Lawai menunjuk batu menyerupai guci. Dia lalu mengintip ke dalam batu melalui celah. "Tapi kayaknya tulang belulangnya sudah tak ada. Enggak tahu ke mana."

Selain tak tahu siapa yang dimakamkan di kuburan itu, Lawai juga tak bisa menyebutkan kapan makam ini mulai ada, atau siapa yang membangunnya. Di lokasi makam juga tak banyak penanda. Lawai hanya bilang, inilah makam Dayak kuno.

Satu papan di depan gerbang makam menandai bahwa kompleks ini sudah jadi obyekwisata. Namun, papan itu lebih pas disebut papan informasi proyek bangunan daripada menjelaskan duduk cerita soal makam itu sendiri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com