Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Kaltim: Manusia Perahu Harus Keluar dari Indonesia

Kompas.com - 27/11/2014, 11:11 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyatakan siap memulangkan manusia perahu yang masih ada di Perairan Kepulauan Derawan. Sebab, dikhawatirkan kondisi tersebut menjadi modus bagi Malaysia untuk mengambil kekayaan alam di Indonesia, khususnya di Kepulauan Derawan.

"Ini mereka lakukan berulang kali. Jadi, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten tegas untuk memulangkan mereka," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Rusmadi di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (27/11/2014).

Hingga kini, Pemprov Kaltim bersama Pemkab Berau masih mengidentifikasi identitas manusia perahu. Setelah itu, barulah dilakukan pemulangan. "Kami tidak ingin, dengan alasan sebagai manusia perahu, kemudian seenaknya mengambil kekayaan sumber daya alam daerah ini. Karena itu, kita harus bertindak tegas agar tidak terulang lagi," kata dia.

Sejalan dengan itu, Pemprov telah mempersiapkan proses pemulangan manusia perahu, mulai dari surat-surat hingga jalur pemulangan. "Pokoknya secepatnya harus pulang, tidak ada alasan," kata Rusmadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com