Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 3,0 SR, Belasan Rumah di Bengkulu Retak

Kompas.com - 28/10/2014, 21:14 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Sebanyak 12 rumah dan dua sarana tempat ibadah rusak ringan dan retak akibat guncangan gempa lokal berkekuatan 3,0 SR yang terjadi di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Selasa (28/10/2014), sekitar pukul 08.40 WIB.

"Ada 12 unit rumah warga dan 2 unit sarana ibadah mengalami rusak ringan," Kata Yopa Mulya, salah seorang warga Kabupaten Kepahiang, saat dihubungi via telepon, Selasa (28/10/2014). Meski rusak, rumah dan tempat ibadah tersebut masih layak ditempati.

Kepala BPBD Kabupaten Kepahiang, Burlian, belum dapat memberikan keterangan. Begitu pula dengan Kepala BMKG Stasiun Kepahiang.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Kolendri, mengaku terkejut dengan kerusakan tersebut. Pasalnya, gempa di bawah 3,0 SR tidak terdeteksi oleh pihaknya dan jarang mengakibatkan kerusakan.

"Gempa skala kecil jarang mengakibatkan kerusakan. Namun, jika bangunan yang rusak itu berada di urat gempa, bisa saja terjadi kerusakan. Secepatnya saya akan koordinasikan dengan BPBD setempat. Seharusnya, BPBD Kabupaten Kepahiang berkoordinasi dengan kami," ungkapnya.

Adapun nama-nama warga dari pemilik rumah yang mengalami kerusakan ringan setelah digoncang gempa ialah Yuliana (46), Rosnawati (69), Dewi (34), H Pata’ib (75), Linsumarni (55), Ali Hanafiah (69), Amrun (60), Samsul Bahri (60), Abadi (44), Gunawan (33), Heri Gustiawan (34), dan Herman (40).

Sementara itu, dua unit sarana ibadah yang mengalami kerusakan ringan ialah Masjid Tariqatul Jannah dan Gereja Kristen Injil Indonesia (GKII).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com