Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Digaji Perusahaan Sponsor, 2 Warga Tiongkok Bekerja Serabutan di Palangkaraya

Kompas.com - 17/09/2014, 22:15 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Dua warga negara asing asal Tiongkok yang ditelantarkan seorang pengusaha yang juga berkebangsaan Tiongkok, diamankan aparat kantor Imigrasi Palangkaraya. Kedua WNA itu diamankan saat bekerja serabutan di sejumlah perusahaan akibat tidak mendapat gaji di perusahaan yang merekrut mereka.

Wen Zhisan (51) dan Dewen Zou (32), warga negara Tiongkok diamankan kantor Imigrasi Kelas I Palangkaraya, Rabu (17/09/2014). Keduanya ditampung di ruang detensi kantor Imigrasi Palangkaraya sebelum dipulangkan kembali ke Tiongkok pada Kamis (18/9/2014) besok.

Kepada petugas, mereka mengaku terpaksa bekerja serabutan karena sudah empat bulan berada di Indonesia dan tidak mendapat gaji.

“Kita amankan di perusahaan lain, karena di perusahaan sponsor mereka empat bulan tidak digaji, jadi kerja di tempat lain untuk penuhi kebutuhan hidup," kata Ilyas, kepala Imigrasi Kelas I Palangkaraya.

Pada bulan Mei lalu, Wen dan Dewen direkrut Zhang Chuanguang bekerja sebagai teknisi mesin di perusahaan Zircon di Palangkaraya. Namun setelah bekerja selama empat bulan, kedua WNA itu tidak digaji sehingga mereka terpaksa bekerja serabutan di perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sesuai rencana, kedua WNA itu akan dipulangkan ke Guangzhou besok melalui bandara internasional Soekarno-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com