Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Manajer BFI yang Dalangi Perampokan di Kantornya Sendiri

Kompas.com - 02/09/2014, 09:28 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Setelah sepekan, perampokan kantor pembiayaan PT BFI Finance Banyuwangi akhirnya terungkap. Pelaku ternyata adalah Dedy Yuza Putra (27), manajer operasional lembaga pembiayaan itu.

"Tersangka membuat skenario seakan-akan kantor BFI di rampok," kata Kepala Polres Banyuwangi AKBP Tri Bisono Soemiharso, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, sejak awal Agustus 2014 tersangka sering memakai uang perusahaan yang ia ambil dari brankas, untuk mengikuti bisnis mutilevel marketing yang marak di dunia online. "Dia ambil sedikit demi sedikit. Katanya akan dikembalikan ternyata sampai batas waktu uang tersebut tidak bisa diganti. Total uang yang ia pakai sebanyak Rp 182 juta," kata dia.

Menurut keterangan AKBP Tri Bisono Soemiharso, pelaku yang berasal dari Pekanbaru tersebut yang merusak plafon dan tembok untuk memuluskan skenario perampokan. Namun ada keanehan karena tidak ada kerusakan pada brankas yang memiliki 6 locker tersebut.

"Padahal hanya Dedy Yuza yang memegang kunci brankas tersebut. Ia mengakui setelah diperiksa secara maraton," kata Tri Bisono.

Tersangka juga menjelaskan jika skenario perampokan tersebut ia lakukan pada malam hari ketika kantor sudah tutup.

Seperti diberitakan sebelumnya, kantor PT BFI Finance yang berada di Jalan S. Parman 131 DE di bobol perampok. Peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh para pegawai yang masuk kerja pada pagi hari dan menemukan brankas yang berada di lantai bawah dalam kondisi berantakan dan telah terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com