Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Lebih Baik, RS Swasta di Bireuen Kebanjiran Pasien

Kompas.com - 18/05/2014, 15:20 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN.KOMPAS.com
- Rumah sakit swasta rupanya cukup diminati peserta BPJS Kesehatan, ketimbang rumah sakit milik pemerintah. Hal ini terlihat dari membeludaknya pasien di empat RS swasta di Kabupaten Bireuen, Aceh.

Pantauan Kompas.com, empat RS swasta dimaksud yakni RS Telaga Bunda, RS BMC, RS Malahayati dan RS Avicena. Hampir setiap harinya rumah sakit tersebut disesaki pasien. Selain fasilitas yang memadai, keberadaan dokter spesialis lengkap ikut mempengaruhi minat masyarakat berobat ke RS swasta dibanding RS milik pemerintah.

Menurut penuturan seorang pasien yang juga anggota BPJS Kesehatan, Ibrahim Adnan, dirinya lebih memilih pelayanan di RS swasta dibanding rumah sakit pemerintah. Ini karena layanan RSUD kurang maksimal dan harus mengantri lama untuk berobat bahkan menebus resep obat setelah diperiksa.

”Apalagi untuk rawat inap, fasilitas RS swasta jauh lebih nyaman dan petugasnya lebih bersahabat,” terangnya, Minggu (18/5/2014).

Hal senada juga diakui Irma Suryani yang juga menjadi anggota BPJS Kesehatan. Dengan mengambil rujukan di puskesmas ia bisa membawa anaknya berobat sore hari di salah satu RS swasta yang memiliki peralatan lengkap, dan obat-obatan yang diakui berkualitas.

"Rujukan berlaku untuk satu bulan, jadi sangat berharga bagi saya yang memang harus rutin membawa anak berobat,” sebutnya.

Pimpinan RS Telaga Bunda, dr Mursyidah A. Latief, mengatakan sejalan dengan banyaknya masyarakat yang menjadi anggota BPJS Kesehatan, mendorong naiknya jumlah pasien yang memeriksakan kesehatannya.

”Sebagai penyedia fasilitas kesehatan, tentunya semua RS baik milik pemerintah atau swasta berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik agar mempercepat kesembuhan pasien. Ditambah kemudahan berobat dari pemerintah yang mempengaruhi minat masyarakat untuk rutin memeriksakan dirinya,” jelas Mursyidah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com