Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pengoperasian Jalur Ganda, Stasiun Kecil Tetap Berfungsi

Kompas.com - 28/03/2014, 15:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Pengelola PT Kereta Api Wilayah Operasi IV Semarang menyatakan masih tetap menggunakan stasiun-stasiun kecil pasca-pengoperasian jalur ganda atau double track Tegal-Bojonegoro. Ada sekitar 48 stasiun kecil di wilayah DAOP 4.

“Memang, kereta komersil tidak akan berhenti ketika jalur ganda dipakai. Keretanya akan berhenti di tempat stasiun komersil saja,” ujar Kepala DAOP IV Semarang, Wawan Ariyanto di Semarang, Jumat (28/3/2014).

Jumlah stasiun komersil di tiap kota hanya ada beberapa buah saja. Untuk Kota Semarang, stasiun komersil hanya ada di Stasiun Tawang, dan Poncol. Sementara itu, stasiun Jrakah, Kaliwungu dan stasiun kecil lain tidak akan menjadi tempat pemberhentian. Meski demikian, KAI mengaku akan tetap menggunakan fungsi stasiun tersebut.

“Tidak ada yang berubah, akan tetap sama. Dan nanti juga masih banyak pengalihan jalur, sehingga stasiun kecil masih tetap dibutuhkan,” tambahnya.

Tambahan Gerbong Keberadaan jalur ganda Tegal-Bojonegoro akan difungsikan pada bulan April 2014. Kesibukan jalur kereta pun diprediksi akan meningkat. Namun, KAI tak akan menambah jadwal perjalanan hingga menunggu pasar.

“Kami belum menambahkan jadwal kereta, kami masih menyesuaikan pasar. Sementara ini sudah ada 9000-an jadwal perjalanan,” ujarnya.

Pihaknya tengah merancang pembangunan Depo untuk transit barang. Dikatakan Wawan, di Kota Semarang masih belum mempunyai depo angkutan barang. Sehingga, kegiatan pengangkutan barang belum bisa dilakukan.

“Kebetulan daop IV belum ada depo, kami akan dibuka setelah reaktivasi jalu kereta Semarang Tawang ke Pelabuhan. Sementara ini, hanya melayani Semen saja ke staisun Brumbung, Mranggen” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com