Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegawai Dinkes Medan Beri Donasi untuk Pengungsi Sinabung

Kompas.com - 09/03/2014, 01:10 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

KARO, KOMPAS.com - Persekutuan Pegawai Kristen (PPK) di Dinas Kesehatan kota Medan, menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 6,6 juta ke posko pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Klasis GBKP Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (8/3/2014).

"Kami memberikan bantuan berupa uang kepada perwakilan pengungsi. Uang merupakan hasil kolekte ibadah yang kami selenggarakan secara rutin," kata Johanna Siregar, Ketua PPK Dinas Kesehatan Medan.

Menurut Johana, sumbangan merupakan uang yang terkumpul dari kolekte ibadah rutin mereka, ditambah hasil kolekte perayaaan Natal 2013 Dinas Kesehatan Medan.

"Uang yang kami serahkan mungkin sangat bermanfaat bagi para pengungsi yang sudah kehilangan sumber ekonomi pascaerupsi Gunung Sinabung," tambah Johana.

Selain itu, kata Johana, pihaknya juga menerima donasi dari berbagai kalangan, termasuk para pegawai dan dokter di Dinas Kesehatan Medan serta puskesmas-puskesmas di seluruh Medan.

Imelda Purba, salah seorang dokter yang ikut serta ke lokasi posko pengungsian mengatakan, bantuan yang mereka berikan merupakan bentuk kepedulian kepada korban erupsi Gunung Sinabung.

"Para korban barangkali saat ini membutuhkan dana untuk keperluan sehari-hari. Itu sebabnya kami berinisiatif memberikan bantuan berupa uang," kata Imelda yang didampingi beberapa dokter lainnya di lokasi posko.

Rombongan PPK Dinkes Medan yang turun ke lokasi posko dipimpin Ketua Panitia Natal 2013 Dinkes Medan, Masrita Tobing dan beberapa dokter yang bertugas di dinas tersebut.

Sementara, jumlah pengungsi di Posko Klasis GBKP Kabanjahe sebanyak 178 kepala keluarga atau 416 jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com