Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengketa Lahan Jayanti, Lagi-lagi Dua Kelompok Warga Bentrok di Mimika

Kompas.com - 06/03/2014, 03:38 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Puluhan orang luka-luka akibat bentrok dua kelompok warga yang terlibat sengketa lahan disekitar Kali Iwaka Jayanti, Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Timika, Papua, Rabu (5/3/2014).

Bentrok antara kelompok Dani pimpinan Pinus Murib dengan kelompok Moni pimpinan Yulius Hanau merupakan kelanjutan bentrok pada hari sebelumnya. Pada Selasa (4/3/2014), bentrok mengakibatkan satu orang tewas, yakni warga dari kelompok Dani, Abeneben Wenda (50).

Informasi yang dihimpun di Timika, ratusan warga bersenjata busur panah dan senapan angin dari dua kelompok bertikai mulai Rabu pagi. Aparat Kepolisian dari Polres Mimika dibantu satu peleton Brimob Polda Papua yang berusaha melerai warga bertikai tidak dapat berbuat banyak karena banyaknya jumlah warga yang terlibat bentrokan.

Imbauan dari aparat kepada kedua kelompok bertikai tak dihiraukan. Ratusan warga dari kedua kelompok justru semakin beringas, saling serang menggunakan panah dan senapan angin. Korban luka pun terus berjatuhan.

Aparat menggunakan ambulans mengangkut korban terluka dari kedua kelompok ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mimika dan Rumah Sakit Mitra Masyarakat Timika. Menjelang tengah hari, aksi saling serang berhenti. Polisi dan TNI langsung menduduki lokasi, untuk mencegah bentrok susulan.

Hingga Rabu malam, satu peleton pasukan Dalmas Polres Mimika dibantu dua peleton Brimob Detasemen B Timika, masih terus berjaga di lokasi tersebut. Kepala Bidang Humas, Kepolisian Daerah Papua, Kombes Sulistio Pudjo, mengatakan bentrok kali ini dipicu ulah satu warga yang mabuk yang menewaskan satu orang.

Bentrok pecah pertama kali pada Rabu (29/1/2014). Kedua kelompok sempat berdamai pada Jumat (21/2/2014). Namun bentrok kembali pecah pada pekan ini. Selama bentrok tersebut terjadi dan berulang, tak kurang dari 95 orang terluka dari kedua kelompok dan satu orang meninggal.

Untuk membantu mendamaikan kedua kelompok bertikai, menurut Pudjo, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Paulus Waterpauw sudah berada di Timika. Lahan yang menjadi sengketa kedua kelompok berada di samping jalan rintisan penghubung Timika dengan Waghete, Kabupaten Deiyai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com