Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Lagi, Satu Keluarga di Garut Mengungsi

Kompas.com - 07/01/2014, 01:59 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Tanah longsor terus saja terjadi di Garut, Jawa Barat, meski tak semuanya berskala besar. Senin (6/1/2014) siang, misalnya, longsor terjadi di Kampung Lame, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi.

Tak ada hujan seharian kemarin. Namun, longsor tiba-tiba menimpa rumah Ahmad (32) sekitar pukul 11.00 WIB. Meski hanya menimpa dapur, keluarga Ahmad tetap diungsikan untuk mengantisipasi longsor lebih besar dan meluas di rumahnya.

"Kerugian materiil diperkirakan Rp 15 juta, kerugian jiwa tidak ada. Sementara, korban ikut orangtuanya, yang (tinggal) masih satu desa," kata Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Inf B Hadisuseno, saat dihubungi pada Senin (6/1/2014) malam.

Menurut Hadisuseno, saat longsor, hujan tidak sedang turun. Namun, Sabtu (4/1/2014), hujan mengguyur kawasan itu selama 10 jam tanpa henti. Diperkirakan, kondisi tanah menjadi labil karena kandungan air tinggi. Warga dibantu aparat desa dan anggota Koramil berupaya menyelamatkan perabotan dan isi rumah Ahmad sebelum tergerus longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com