Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Butik, Ayu Azhari Belajar Membatik di Kota Malang

Kompas.com - 04/01/2014, 21:04 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Ayu Azhari bersama suaminya, Mike, belajar membatik mofit Malangan di sebuah sentra batik tulis Celaket di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (4/1/2013).

"Saya ada rencana membikin butik yang konsentrasi di batik dan tenun, dan batik Malangan salah satu yang menjadi referensi saya. Makanya, saya belajar membatik di sini bersama suami saya," kata Ayu kepada wartawan.

Belajar membatik, katanya, bertujuan untuk mencari beberapa motif batik yang khas dan unik. "Kita sudah berkeliling ke beberapa daerah di Jawa Timur, termasuk ke kota Malang," katanya.

Ayu mengaku, sudah mendatangi Kabupaten Sumenep. Di Sumenep, Ayu juga belajar membatik. "Saya juga mengunjungi Pekalongan. Itu jadi referensi untuk program kerja sama saya ke depan," katanya.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, alasannya memilih batik lantaran memiliki karya seni yang indah dan merupakan budaya Indonesia yang sudah diakui di dunia internasional.

"Batik memiliki pesan dan cerita tersendiri yang tertuang pada hasil dan cara pembuatannya. Sejarah batik Madura pasti akan beda dengan Malang. Itulah keunikan dan khas batik Indonesia," katanya.

Sementara itu, Hanan Jalil, pemilik butik batik celaket, menyatakan sangat bangga butiknya dikunjungi artis populer Ayu Azhari dan suaminya. "Kita akan membumikan batik Malangan di taraf internasional," kata Hanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com