Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Seluruh Kamar Hotel di Pantai Batu Karas Ludes

Kompas.com - 10/08/2013, 18:12 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com – Seluruh kamar hotel di kawasan Pantai Batu Karas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, habis dipesan hingga Minggu (11/8/2013) besok.

Ratusan wisatawan domestik maupun mancanegara memanfaatkan libur Lebaran untuk menghabiskan waktu beberapa hari demi berlibur di salah satu destinasi wisata eksotis di Jabar bagian selatan tersebut.

Farhan, salah satu pengelola hotel di areal wisata Pantai Batu Karas, Sabtu (10/8/2013) mengatakan, dari sekitar 30 hotel dan penginapan di kawasan yang terletak sekitar 15 kilometer di sebelah barat Pantai Pangandaran tersebut, semuanya habis dipesan.

“Sudah habis dipesan sejak Kamis kemarin. Mulai dari penginapan kelas homestay, hingga hotel dengan layanan berbintang. Rata-rata dipesan sampai Minggu besok,” ujarnya.

Wisatawan kebanyakan berasal dari berbagai kota besar seperti Bandung, Cirebon, Bogor, Semarang, dan Yogyakarta. Mereka umumnya dalah keluarga yang menghabiskan libur Lebaran untuk menikmati keindahan alam di pantai selatan Jabar tersebut.

Selain turis domestik, menurut Farhan, juga banyak wisatawan mancanegara. Bahkan, kebanyakan turis mancanegara lebih memilih menginap di Batu Karas ketimbang di wilayah Pantai Pangandaran.

“Di Batu Karas memang lebih banyak turis asingnya. Mereka kebanyakan suka berselancar, karena di Pangandaran, ombaknya berbahaya. Sedangkan di Batu Karas memang spesialisasinya untuk berselancar, terutama bagi pemula,” tutur Asep Herlan (28), salah satu warga yang memiliki usaha peminjaman papan selancar di Batu Karas.

Bahkan, Pantauan Kompas, kemacetan terjadi di sepanjang jalan pantai menuju Batu Karas. Areal parkir di kawasan Pantai Batu Karas juga penuh sesak dengan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata.

M Hamid, salah satu petugas pintu masuk Pantai Pangandaran, mengatakan, mengantisipasi meningkatnya jumlah wisatawan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) serta kepolisian mengatur arus lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan di pintu masuk maupun keluar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com